Candi Barong

Candi Barong

Saat berwisata ke Yogyakarta, mungkin Anda selalu terpaku untuk mengunjungi candi-candi besar seperti Borobudur atau Prambanan. Padahal banyak wisata candi yang seharusnya tidak Anda lewatkan begitu saja. Misalnya seperti mengunjungi Candi Barong yang bangunannya tak kalah menarik dari candi-candi lain.

Hal Menarik di Candi Barong

Sama halnya dengan Candi Ratu Boko yang juga terletak di perbukitan Batur Agung, Anda juga bisa menjumpai kemegahan Candi Barong dengan bangunannya yang tak biasa di daerah tersebut. Sejarah pembangunan maupun arsitekturnya yang unik pasti membuat Anda ingin mengunjunginya.

Untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini, kamu bisa menggunakan jasa sewa mobil lepas kunci di jogja atau dengan sopir agar lebih nyaman dan aman.

Beberapa keunikan yang dimiliki oleh tempat bersejarah ini antara lain:

  • Sejarah

Candi Barong juga dikenal sebagai Candi Sari Sorogedug. Menurut tulisan dalam prasasti yang ditemukan, sekitar tahun 856 masehi Sri Kumbaja membuat tiga lingga. Di mana masing-masing diberi nama Haralingga, Triyarbakalingga, serta Krttiwasalingga.

Ketiganya adalah pendamping Dewi-Dewi Agung yaitu Dewi Mahalaksmi, Dewi Suralaksmi, dan Dewi Sri sebagai dewi kesuburan.

  • Ornamen

Bersiaplah untuk mendapat sambutan dari hiasan barong yang melekat pada pintu masuk candi. Julukan yang dilontarkan oleh masyarakat sekitar mengenai candi ini juga tak lepas dari ornamen barong atau kala tersebut. Konon, masyarakat Hindu percaya bahwa barong bisa menjaga kesucian candi.

Selain disambut oleh kala yang tersenyum, Anda jugsa bisa menjumpai ornamen raksasa bertubuh kecil yang semakin membuat kesan antik di candi ini muncul.

  • Simbol

Terletak di area persawahan yang hijau, Anda akan merasakan nuansa alami sambil melihat beberapa petani yang mengerjakan ladangnya. Tidak heran bahwa candi ini dijuluki simbol kesuburan karena dijadikan pemujaan untuk Dewi Sri.

Candi yang dihiasi kepala kala ini juga berada di daerah bukit, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan sekitar dengan lebih menyenangkan.

  • Bangunan

Saat hendak sampai ke lokasi candi, Anda sudah bisa merasakan suasana tenang dan nyaman. Ditambah lagi pepohonan hijau serta rerumputan subur di area candi. Sebagaimana candi lainnya, tempatnya yang teduh akan membuat Anda semakin merasa damai.

Ada tiga tingkatan yang menyusun candi ini. Di masing-masing tingkatan, Anda akan menjumpai beberapa candi yang berbeda. Jika ingin berjumpa dengan Ghana, maka Anda bisa menuju ke tingkatan candi yang ketiga. Di sana juga dijadikan tempat pemujaan Dewa Dewi, terutama Dewi Sri sebagai dewi kesuburan.

  • Fasilitas

Ada beberapa fasilitas Candi Barong yang akan membuat wisatawan semakin merasa betah, di antaranya adalah warung makan serta area parkir. Meski candi ini belum memiliki toilet dan mushola, Anda tetap bisa menyewa toilet yang berada di rumah penduduk sekitar candi.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Berwisata ke candi akan terasa kurang lengkap jika Anda tidak mengabadikannya dalam foto. Jangan lupa mengambil foto sebanyak mungkin sebagai bukti bahwa Anda pernah menyaksikan candi luar biasa ini.

Tidak sedikit juga wisatawan yang ingin bersantai di pelataran Candi Barong. Kawasannya yang bersih juga tidak akan membuat pemandangan terganggu.

Salah satu keistimewaan yang juga dimiliki oleh tempat bersejarah ini adalah banguannya yang dihadapkan ke barat. Sehingga banyak pengunjung yang lebih suka singgah di sore hari sambil mengamati matahari yang hendak tenggelam.

Lihat juga: Taman Sari Jogja

Biaya Tiket Masuk

Dengan keunikan dan keistimewaan yang dimiliki, ternyata harga tiket masuk Candi Barong sangat terjangkau. Apalagi ada area parkir yang membuat kendaraan pribadi Anda bisa lebih aman terjaga.

Berikut biaya tiket masuk dan biaya parkir di kawasan candi:

Biaya Tiket Masuk Biaya parkir
Mobil Sepeda Motor
Rp 5.000 per pengunjung Rp 5.000 Rp 2.000

Mempelajari sejarah candi rasanya kurang lengkap tanpa terjun langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda bisa belajar banyak sambil ikut merasakan sendiri sisa energi yang masih tertinggal.

Itulah ulasan singkat mengenai Candi Barong yang memiliki ornamen unik berupa kala yang tersenyum. Tentu saja Anda bisa merasakan kehangatan dan nuansa sejarahnya bila langsung datang berkunjung ke lokasi