Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah stau pantai di Gunung Kidul yang terletak di dukuh Danggolo, desa Porwodadi. Pantai ini banyak diminati oleh wisatawan bukan hanya karena keindahanya tetapi juga karena gondola dan jembatan timang yang menguji adrenalin.

Kedua media tersebut memang menjadi ikon dari pantai ini karena hanya ada satu-satunya di kota Jogja. Jika dilihat sekilas, wahana gondola dan jembatan timang ini terkesan sangat menakutkan karena memanjang diatas pantai dengan ombak yang cenderung besar.

Namun jika anda sudah mencobanya, justru hal tersebut akan menciptakan efek ketagihan.

Jembatan timang ini dibentuk atas inisiatif masyarakat sekitar guna menfasilitasi wisatawan dan mayarakat  yang ingin menuju ke bukit karang. Untuk menyeberangi pantai tersebut anda bisa menggunakan beberapa wahana  yaitu jembatan gantung, gondola dan juga kereta.

Setelah anda mencapai pulau tak berpenghuni tersebut, anda akan disajikan dengan pemandangan yang sangat indah karena langsung menghadap dengan laut luas.

Selain itu, dari jembatan wisatawan juga bisa memancing lobster yang merupakan aktifitas yang sering dilakukan warga setempat. Beberapa spot yang meguji adrenalin tersebut pantai ini banyak dikunjungi untuk menguji adrenalin.

Menyeberangi jembatan di pantai Timang ini akan sangat berbeda dengan menyeberangi jembaan pada umumnya. Dengan jembatan yang membentang ditengah laut panjang 120 meter dan ketinggian 12 meter benar-benar akan menguji keberanian anda.

Tidak cukup sampai disitu, anda juga kan merasakan sensasi yang luar biasa ketika terkena hempasan angin dan terkena cipratan air dari deburan ombak.

Apalagi ketika anda sudah sampai ditengah jembatan, tidak akan ada cara lain selian harus melanjutkan perjalanan. Hal ini juga turut menguji keberanian anda sehingga akan memberikan kesan tersendiri bagi masing-masing wisatawan.

Namun meskipun begitu, tempat wisata Jogja ini tetap diminati oleh wisatawan. apalagi dengan pernah dihadirinya artis korea dala serial drama Running Man yang semakin menambah  kepopuleran pantai ini pada tahun 2018.

Harga Tiket Masuk Pantai Timang

Harga Tiket Pantai Timang

Pantai Timang memang menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda ketika ingin berlibur bersama keluarga atau teman dekat. Selain karena banyak spot menantang dan pemandangan yang indah, harga tiket masuk yang diberikan juga sangat terjangkau.

Untuk memasuki pantai ini, anda bisa membayar biaya retibusi sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan kendaraan motor anda. dengan begitu anda tidak perlu membayar biaya yang mahal untuk menikmati keindahan alam sang pencipta.

Akses  menuju Pantai Timang

Jika anda pernah berkunjung ke beberapa pantai yang berada di Gunung kidul, maka untuk mengakses jalur menuju pantai Timang ini bukanlah sesuatu yang sulit.

Jika anda memulai perjalanan dari kota Yogyaarta, maka jarak yang akan anda tempuh sekitar 50 km dengan menggunakan jalur Wonosari. Dari arah Wonosari, wisatawan dapat menggunakan jalur Baron.

Namun sebelum smpai di pantai Baron, anda akan menemukan pertigaan dan silahkan ambil kiri untuk menuju ke pantai Siung. Setelah sampai di pantai Dakbong silahkan belokkan kendaraan anda ke arah pantai Timang.

Sampai di titik ini, anda akan menemukan jalan yang bagus hingga sampai di desa sekitar Pantai Timang. Namun setelah berjalan beberapa meter anda akan menemukan jalan yang penuh dengan batu kapur sehingga akses jalan menjadi lebih sulit.

Oleh karenanya jika anda sudah mencapai titik ini, diharapkan lebih berhati-hati agar selamat sampai tujuan. Namun anda tidak perlu khawatir karena jalanan sulit tersebut hanya sekitar beberapa meter saja.

Dengan suasana yang penuh dengan nuansa hijau dan tebing bebatuan yang indah, anda akan lupa dengan jalur rumit yang anda lewati.

Setelah anda menemui pemukiman penduduk, anda akan bertemu dengan pangkalan ojek yang biasanya menawarkan jasanya dari pintu masuk ke parkiran pantai timang.

Yang pasti, sepanjang perjalanan anda tetap harus mengutamakan keselatamatan agar perjalanan wisata anda dapat berjalan dengan lancar.

Fasilitas di  Pantai Timang

Fasilitas di Pantai Timang

Jika berkunjung ke tempat ini, anda akan dilengkapi  dengan beberapa spot dan fasilitas untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi anda.

Mengingat  jembatan pulau Timang ini cukup estrim, wisatawan yang ingin menyeberang dengan  jembatan tersebut akan didampingi oleh petugas pengelola.

Selain itu, setiap wisatawan yang berkunjung juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan, dimana sumber dana dimbil dari biaya  retribusi yang dibayarkan.

Selainnitu beberapa fasilitas pendukung lainya adalah toilet, kamar mandi, rumah makan, dan lahan parkir serta beberapa spot foto menarik yang digunakan untuk mengabadikan momen liburan anda.

Pilihan Aktivitas di Pantai Timang

Ditempat ini anda dapat melakukan beberapa aktifitas untuk mengisi liburan anda. salah satunya adalah menaiki gondola yang akan memacu adrenalin anda.

Gondola tersebut hanya dibuat secara tradisional dari kayu dan digerakkan dengan tenaga manusia. Wahana ini berada di atas laut yang dibawahnya terdapat ombak besar serta angin yang kencang sehingga dijamin membuat anda berteriak sepuasnya.

Sebenarnya kegunaan gondola ini bukan hanya untuk pengunjung saja namun memang difasilitaskan untuk warga sekitar dan nelayan yang ingin mencari udang ke pantai itu.

Dengan keadaan pantai yang berangin besar maka berlayar menggunaan perahu sama sekali tidak memungkinkan, apalagi hanya menggunakan  perahu tradisional. Untuk menikmati wahana tersebut, anda akan dikenai biaya sebesar RP 200.000 untuk bolak balik dari bukit karang menuju karang pantai.

Selain menguji adrenalin dengan menaiki gondola, anda juga bisa melakukan beberapa aktifitas di bukit karang. Bukit ini menjadi ikon dari pantai timang karena letaknya yang berada tidak jalu dari pantai.

Ditempat ini anda bisa megabadikan momen untuk berfoto dengan pemandangan lau biru yang membentang luas. Biasanya bukit ini digunakan untuk mencari udang lobster bagi nelayan setempat.

Nah jika anda dirasa kurang berani menaiki gondola, anda juga bisa menggunakan jembatan gantung yang juga menjadi ikon pantai timang ini. sama halnya dengan gondola, jembatan ini juga dibangun untuk menfasilitasi pengujung yang ingin meyeberag menuju bukit karang.

Untuk meggunakan fasilitas ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebear Rp 100.000 saja untuk bolak-balik dari bukit karang menuju pantai dan sebaliknya.

Salah aktifitas yang menjadi favorit wisatawan adalah mencoba berbagai olahan lobster yang diperoleh dari tangkapan nelayan.

Biasnya harga lobser untuk setiap kilonya adalah Rp 400.000. namun harga tersebut juga sering kali terjadi perubahan sesuai dengan keadaan laut dan sebagainya. Liburan anda di pantai ini akan semakin lengkpa dengan mencicipi berbagai kuliner khas pantai tersebut.

Berkunjung ke pantai Timang memang menjadi salah satu alteratif liburan yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke kota Yogyakarta.

Namun yang pasti, sebelum melakukan perjalanan wisata ke tempat ini, anda perlu mempersiapkan berbagai kebutuhan dengan cermat.

Mulai dari kendaraan yang akan anda gunakan, bekal makanan, baju ganti dan lain sebagainya. Yang pasti jika anda ingin menikmati beberapa wahana atau spot didalamnya, anda harus mengumpulkan  keberanian anda terlebih dahulu.