Taman Sari
Travel

Taman Sari Jogja

Kampung wisata taman sari jogja – Kota Jogja (Yogyakarta) dikenal karena memiliki sejuta keindahan yang membuat para pelancong selalu rindu dan ingin kembali. Banyaknya tempat wisata yang wajib dikunjungi membuat kota ini selalu ramai didatangi para wisatawan baik wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Jogja menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak diminati karena kota ini menawarkan begitu banyak keindahan mulai dari wisata alamnya yang selalu menyejukkan, wisata kuliner hingga wisata sejarah juga dapat kamu temui dengan mudah saat berada di kota Pelajar ini.

Sejarah Singkat Taman Sari Jogja

Taman Sari sendiri sudah dibangun sejak lama, namun untuk kamu yang sering berlibur ke Jogja tapi belum pernah pergi ke tempat ini, maka sebaiknya datanglah dan berkunjung untuk melihat lebih dalam betapa indahnya wisata keluarga Taman Sari ini. Kampung Wisata Taman Sari terletak di Jalan Komplek Taman Sari, Kraton, Jogja.  Dulunya, tempat ini adalah salah satu tempat rekreasi yang biasa dikunjungi oleh para keluarga kerjaan.

Tak hanya menjadi tempat untuk berekreasi, Taman Sari juga menjadi benteng pertahanan yang telah dibangun sejak dulu. Awalnya, Istana Air Taman Sari didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I sekitar tahun 1758 sampai tahun 1765. Tempat yang dulunya menjadi peninggalan dari kerajaan Jawa ini, kini telah disulap menjadi tempat wisata dan cagar budaya yang dirawat dan dilestarikan hingga sekarang. Untuk luasnya, taman Sari ini punya lahan yang luas sekarang padahal awal dibangunnya tempat ini hanya sebesar 10 hektar. Mendengar namanya tentu kita tau jika Istana Air ini merupakan tempat pemandian bagi para Putri Raja dan Permaisuri pada zaman dulu.

Beberapa Tempat yang Bisa Dikunjungi Saat Berada di Taman Sari

Jika kamu berkunjung ke Taman Sari, kamu akan melihat beberapa tempat yang menarik mulai dari danau buatan yang berada di sebelah barat Istana Air Taman Sari. Kamu juga bisa melihat Umbul Binangun yang berada di sisi-sisi danau buatan. Bagian ketiga yang bisa dilihat adalah Kolam Garjitawati dan Pasarean Ledok Sari yang berada tepat di sebelah Selatan dari Umbul Binangun. Dan bagian keempat yang bisa kamu temui di sebelah timur adalah pulau buatan yang terletak memanjang mulai dari Umbul Bingangun hingga Kolam Garijtawati.

Taman Sari Merupakan Tempat Wisata Yang Megah Dan Mempesona

Wisata Taman Sari menyuguhkan kemegahan yang terlihat dari arsitektur bangunan. Letaknya juga sangat strategis dimana Taman Sari ini berada tak jauh dari kompleks Keraton Jogja sebagai situs bersejarah yang selalu ramai dipadati oleh pengunjung.  Istana Air ini sudah ada sejak 200 tahun yang lalu dan menjadi lambang dari kejayaan Raja Mataram di masa lampau. Meskipun berada di Jawa namun arsitekturnya dibangun ala Portugis.

Untuk penamaan dari Taman Sari sendiri diambil dari Taman yang indah. Taman Sari menyimpan begitu banyak rahasia yang tak terungkap di dalamnya. Jika kamu melihat danau buatan air atau seperti kolam yang besar, ternyata tempat ini merupakan tempat untuk pemandian sang Ratu sedangkan untuk tempat tidurnya dirancang secara khusus jadi tidak semua orang bisa masuk ke ruangannya.

Memiliki Masjid Bawah Tanah yang Memukau

Masjid Bawah Tanah Taman Sari

Taman Sari memiliki masjid bawah tanah yang bisa kamu temui saat kamu menyusuri lorong-lorong panjang. Masjid satu ini terbilang unik. Sama seperti namanya, masjid bawah tanah ini memang berada di bawah tanah. Memiliki bangunan 2 lantai dengan desain yang unik dan melingkar membentuk panggung membuat masjid ini wajib untuk kamu datangi ketika berlibur di Taman Sari.

Dulunya, masjid ini digunakan sebagai benteng pertahanan dengan tembok dinding tebal yang mengelilinginya. Namun lambat laun, masjid ini telah menjadi tempat wisata paling favorit untuk berfoto saat berada di Taman Sari. Di dalam Masjid, kamu akan melihat sumur yang dikelilingi lima tangga yang merupakan lambang dari Rukun Islam. Saat kamu menyusuri anak tangga di dalam masjid, kamu bisa melihat sekeliling tangga teradpar kolam air yang asalnya dari Sumur Gumuling.

Keunikan lain dari masjid Bawah Tanah bisa adalah masjid ini memiliki tembok yang tebal yakni 1,25 meter yang dibuat dari batubata yang direkat menggunakan bahan alami putih telur. Jika kamu berada di dalam masjid, tentu kamu harus melewati gerbang dua tingkat. Dulunya, gerbang ini digunakan para raja saat mengawasi para selir yang sedang mandi.

Menjual Oleh-Oleh Khas Jogja

Ketika kamu sudah puas mengelilingi kompleks dari Taman Sari, kamu bisa ke belakang. Disana kamu akan melihat beberapa tempat yang menjual oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu beli untuk jadi buah tangan saat kamu pulang ke kampung halaman. Ada juga beberapa penjual yang menjajakan makanan camilan khas Jogja.

Waktu Terbaik Berkunjung Ke Taman Sari

Untuk waktu terbaik jika kamu hendak berkunjung ke Taman Sari Jogja adalah di siang hari atau jika kamu punya waktu banyak, datanglah saat weekdays karena di hari libur, tempat ini sangat ramai oleh para wisatawan jadi kamu tidak bisa menikmati Taman Sari karena padatnya pengunjung yang datang.

Fasilitas Yang Ada di Taman Sari

Jika kamu berkunjung ke Taman Sari dengan kendaraan pribadi, sebaiknya masuk lewat gerbang karena disini ada tempat parkir yang luas. Jika kamu ingin tau lebih banyak tentang Taman Sari, kamu bisa meminta jasa pemandu yang ada di taman Sari dengan tariff yang standar.

Klik lihat penawaran paket wisata jogja dari: https://widyalokawisata.com

Untuk tempat penginapan sendiri, sudah ada banyak hotel yang letaknya tak jauh dari Taman Sari Jogja jadi kamu bisa memilih penginapan mana yang sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Sementara untuk tempat makan dan toko cenderamata, disini bisa kamu dapatkan dengan mudah. Karena sudah banyak warung makan ataupun restoran yang bisa kamu datangi, di malam hari kamu bisa keluar dan berjalan menuju Malioboro karena disini kamu akan menemui beragam makanan khas dari Yogyakarta seperti gudeg yang biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima.

Cara Mengakses Istana Air Taman Sari

Untuk kamu yang sudah berada di Jogja, kamu langsung pergi menuju selatan keraton Jogja atau ke utara alun-alun jogja. Jika sudah berada di alun-alun utara, kamu bisa langsung berjalan di sebelah barat alun-alun hingga menemui perempatan yang pertama, kemudian belok kiri dan ikuti jalan dengan melihat petunjuk yang telah disediakan.

Demikian informasi tentang Taman Sari yang bisa saya informasikan disini. Jika kamu berlibur ke kota Jogja, tidak ada salahnya untuk pergi ke tempat ini karena ada begitu banyak keindahan yang akan kamu lihat dan tentunya Taman Sari ini selalu memberikan kenangan yang tak terlupakan kepada para wisatawan yang datang berkunjung.

Title : Taman Sari Jogja

You might also like